Skip to content

Kriteria Toilet yang Sehat dan Standar

Toilet menjadi unsur yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaan toilet saat ini sangat diperlukan untuk alasan kesehatan. Dengan adanya toilet yang bersih dan memadai, maka kesehatan Anda bisa lebih terjamin dengan baik. Itulah pentingnya rutin membersihkan kamar mandi.

Di dalam suatu rumah, bangunan, kantor, sekolah, dan lainnya tentu saja membutuhkan toilet yang sesuai dengan standar. Toilet yang sehat tentu saja harus bersih dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh dinas kesehatan.

Keberadaan toilet yang sehat tentu saja akan mendukung terwujudnya pedoman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Pedoman ini merupakan standar yang ditetapkan oleh dinas kesehatan dalam rangka menciptakan kualitas hidup yang baik.

Masih banyak rumah tangga yang belum menerapkan kesehatan ini, khususnya dalam hal toilet. Dalam berbagai survei, masih banyak rumah yang tidak memiliki WC yang sesuai dengan standar. Mereka masih banyak yang buang air besar di sungai yang tentu saja bisa membuat pencemaran lingkungan bukan?

Kesadaran akan kepemilikan toilet yang bersih dan sehat tentu saja akan membuat kualitas masyarakatnya juga akan lebih baik. Apa saja kriteria toilet dan WC yang sehat untuk berbagai kebutuhan?

Kriteria Standar Toilet yang Sehat

Kriteria Standar Toilet yang Sehat
source foto: Properti Nina Sinansari & Djoko Subagyo

Adanya Air Bersih yang Cukup

Hal yang penting dari toilet adalah adanya air bersih yang cukup. Air bersih ini harus bening, bersih, tidak berbau, tidak berwarna, dan tentu saja tidak terkontaminasi dengan berbagai kotoran dan bahan kimia.

Dengan adanya air bersih yang cukup, maka kebutuhan untuk bebersih di toilet bisa mencukupi. Adanya air bersih juga bisa mencegah adanya berbagai penyakit seperti diare dan tifus.

Sumber air bersih dari toilet ini tentu saja bisa berasal dari mana saja, baik itu dari PDAM, sumur, maupun sumber mata air yang lain. Pastikan ph air juga dalam kondisi yang terkontrol

Memiliki Pencahayaan yang Baik

Kamar mandi atau toilet yang sehat harus memiliki pencahayaan yang baik. Tempat dengan cahaya yang tidak cukup dapat mendorong pertumbuhan jamur, bakteri, dan virus. Hal ini juga bisa membuat habitat yang ideal bagi nyamuk untuk berkembang biak dan menjadi pemicu penyakit seperti demam berdarah. 

Oleh karena itu, toilet harus memiliki pencahayaan alami dan buatan yang cukup. Anda bisa menambahkan sumber cahaya berupa jendela atau ventilasi bening yang luas. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan genteng bening di atas jendela kamar mandi Anda.

Mempunyai ventilasi udara yang cukup

Kamar mandi atau toilet yang sehat harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Dengan adanya pertukaran udara yang cukup tentu saja berguna untuk menjaga kamar mandi atau toilet agar tidak lembab.

Kamar mandi yang lembab bisa menyebabkan sarang kuman dan penyakit. Selain itu, kamar mandi lembab tentu membuat pengap dan tidak nyaman untuk digunakan. Anda bisa memasang ventilasi yang benar di kamar mandi.

Lubang Toilet dan Pembuangan

Karakter toilet sehat selanjutnya adalah memiliki tempat pembuangan yang layak. Biasanya toilet harus memiliki septictank yang kedap air agar tidak mencemari lingkungan sekitar. Selain itu, pembangunan septictank juga minimal berjarak 10 meter dari sumber air.

Anda harus rutin membersihkan septictank ini agar tidak penuh dan meluap. Salah satu cara yang paling efektif adalah menggunakan jasa sedot WC Jakarta yang bisa Anda pilih. Dengan rutin membersihkan penampungan kotoran tentu saja akan membuat toilet Anda lebih bersih bukan?

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Promosi Online, Pelaku Usaha Wajib Tahu

Dinding yang Bersih

Toilet yang baik tentu harus memenuhi beberapa kriteria lain. Salah satunya yang harus diperhatikan adalah dindingnya yang bersih. Anda harus rutin membersihkannya agar tidak tumbuh lumut atau jamur di sana. 

Dinding yang lembab juga akan membuat toilet menjadi pengap dan tidak nyaman untuk digunakan. Maka, akan disarankan untuk membuat dinding dengan keramik agar mudah untuk dibersihkan dengan cara disikat, terlebih bagian yang terkena air.

Membersihkan Kloset WC secara Rutin

Memenuhi kriteria toilet yang bersih tentunya tidak lepas dari kebersihan kloset itu sendiri. Dengan rutin membersihkan kloset, maka Anda sudah berpartisipasi untuk menciptakan toilet yang sehat. Selain harus rutin dibersihkan, jangan lupa untuk menutup kloset ketika tidak digunakan agar mencegah adanya percampuran antara cipratan air dan bakteri di udara.

Kuras Bak Mandi secara Teratur

Salah satu hal yang wajib dilakukan adalah membersihkan bak kamar mandi. Anda harus rajin menguras bak mandi agar mencegah mengumpulnya kotoran di dalamnya. Menguras bak kamar mandi juga bertujuan untuk mencegah tumbuhnya lumut di bak.

Berbagai standar dan syarat toilet yang bersih di atas harus dipenuhi untuk menciptakan pola hidup yang sehat. Kehidupan yang sehat bisa diawali dengan keberadaan toilet yang bersih dan sehat. Lakukan pembersihan rutin untuk mencegah banyak bakteri dan kotoran tumbuh di sana. Semoga bermanfaat!

Published inInformasi Umum