Skip to content

Ingin Produktif? Ikuti Tips Belajar di Rumah Ini

Siapa yang merasa dirinya menjadi tidak terlalu produktif karena belajar dari rumah? Wah, tentunya kamu membutuhkan banyak tips belajar di rumah nih sehingga kamu bisa produktif lagi. 

Memang, belajar di rumah bukanlah hal yang menyenangkan. Ada banyak sekali gangguan yang bisa kita temukan di rumah. 

Mulai dari suasana yang kurang mendukung karena berisik akibat ada adik kecil, atau tempat belajar yang kurang nyaman. Tapi mau tidak mau kita memang harus belajar dari rumah saja untuk mengurangi penyebaran virus. 

Tidak hanya itu saja, mudahnya terdistraksi untuk melihat sosial media atau platform film lainnya juga menjadi alasan untuk tidak produktif. Apalagi jika drama Korea atau film yang kita sukai sedang tayang. 

Sebenarnya adakah cara agar kita bisa produktif di rumah? Tentu saja ada. 

Simak dan terapkan tips belajar berikut ini sehingga kamu tetap produktif selama di rumah saja!

8 Tips Belajar di Rumah Ini

8 Tips Belajar di Rumah Ini
Gambar oleh Ana Krach dari Pixabay

Ciptakan Tempat Belajar yang Nyaman

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk tetap produktif selama di rumah saja adalah dengan menyediakan tempat belajar yang nyaman agar dapat memahami materi pelajaran. Jika selama ini kamu belajar di tempat tidur, maka bangunlah!

Belajar di tempat tidur merupakan hal yang salah karena bukannya belajar, kamu akan mudah mengantuk dan tertidur. Belajarlah di sebuah meja dan gunakan kursi yang memiliki sandaran sehingga punggungmu tidak akan pegal. 

Jika kamu telah memiliki meja belajar sejak awal, maka tatalah meja belajar tersebut. Rapikan meja dari segala macam barang yang tidak penting, dan berikan sentuhan-sentuhan yang kamu sukai. 

Satu lagi yang terpenting, jauhkan meja belajar tersebut dari tempat tidur sehingga kamu tidak memiliki pikiran untuk berbaring di sana. 

Tidur Cukup

Tips kedua untuk belajar di rumah adalah tidur dengan cukup. Terkadang seseorang merasa mengantuk di siang hari karena dirinya kurang tidur. 

Ingat, tubuh memiliki batas untuk beraktivitas serta tetap membutuhkan istirahat yang cukup. Jika itu tidak terpenuhi, maka kamu akan cenderung malas untuk belajar. Apalagi ketika di rumah. 

Bagi siswa jam tidur yang cukup adalah delapan jam setiap harinya dan usahakan untuk tidur di malam hari. Tidur di malam hari dapat membantu untuk menyegarkan otak dan otak dapat bekerja dengan maksimal untuk memproses setiap informasi setelahnya. 

Belajar Disiplin

Nah, biasanya siswa yang belajar di rumah menjadi kurang disiplin. Kenapa begitu? 

Hayo ngaku, apakah kamu di rumah sering bangun siang? Inilah alasan kenapa kamu menjadi tidak produktif. 

Ketika kamu sekolah, setiap harinya kamu tidak diperbolehkan untuk begadang sehingga dapat bangun di pagi hari. Setelah bangun, tidak lama kemudian pergi ke sekolah dan belajar di sekolah. 

Ketika di rumah, kamu terbiasa untuk bangun siang. Otomatis, jam-jam yang biasanya kamu manfaatkan untuk belajar malah menjadi jam tidurmu. 

Usahakan untuk memperbaiki hal tersebut. Bangunlah di pagi hari sehingga tubuh merasa segar. Setelah itu mandi dan siap-siaplah seperti akan berangkat sekolah. Dengan begini kamu akan terbiasa untuk belajar tepat waktu. 

Sesuaikan jam belajar di rumah dan jam belajar di sekolah maka itu akan membantu untuk lebih produktif di rumah. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Promosi Online, Pelaku Usaha Wajib Tahu

Jauhi Distraksi

Saat di rumah, seseorang memiliki banyak hal yang mampu untuk memecahkan fokusnya saat sedang belajar. Seperti ponsel atau televisi. 

Cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menjauhinya. Mungkin tips belajar di rumah yang ini terdengar klise, tapi ini sangat berdampak. Coba saja!

Tidak hanya ponsel loh, terkadang distraksi bisa datang dari orang-orang yang ada di rumah. Misalnya kamu sedang belajar matematika, tiba-tiba ibumu minta tolong untuk membelikan garam di warung. Apa yang kamu lakukan? 

Pasti kamu meninggalkan tempat belajar dan pergi ke warung. Sebenarnya hal ini bukanlah salah, tapi kamu menjadi tidak fokus selama belajar. 

Jika kamu ingin tetap fokus selama di rumah, buatlah kesepakatan dengan orang-orang yang ada di rumah. Ketika kamu sedang belajar, usahakan untuk tidak meminta tolong atau mengajakan berbicara. Dengan begitu, kamu bisa belajar dengan nyaman dan tentunya dapat menyelesaikan semua materi atau tugas. 

Temukan Cara Belajar yang Sesuai

Cara belajar setiap orang tentu saja berbeda-beda bukan? Ada yang dapat belajar hanya dengan membaca saja, ada yang harus sambil mendengarkan atau bahkan sambil menulis kembali hal yang telah dipelajari. 

Ada juga yang lebih nyaman untuk belajar dengan iringan musik atau sambil ngemil. Nah, temukan cara belajar kamu yang kamu sukai itu. Setelah itu, ikuti cara belajar tersebut sehingga kamu akan merasa bahwa belajar merupakan hal yang menyenangkan. 

Siapkan Koneksi Internet yang Kuat

Tips belajar di rumah lainnya adalah siapkan koneksi internet yang kuat. Saat kamu belajar di rumah, kamu akan membutuhkan internet untuk mendukung proses belajar tersebut. 

Bayangkan bagaimana jika kamu tidak memiliki koneksi internet atau koneksi lambat? Tentu kamu yang awalnya semangat akan menjadi malas untuk belajar. 

Ada banyak provider yang dapat digunakan, sesuaikan dengan koneksi yang ada di lokasimu. 

Ikut Kelas Belajar Online

Bagi kamu yang merasa bahwa belajar di rumah sangat membosankan dan tidak dapat menyerap ilmu-ilmu yang ada, tidak ada salahnya untuk ikut kelas belajar online. Ada golongan siswa yang harus belajar dengan bantuan seorang guru, sehingga saat dirinya tidak bersekolah, ia akan menjadi kurang mengerti saat belajar. 

Ada banyak sekali kelas belajar online saat ini. Mulai dari yang gratis hingga berbayar. Jika kamu merasa ingin kelas yang privat, kamu juga dapat memilikinya. 

Berbagai les privat saat ini sudah beralih ke sistem belajar online untuk mematuhi peraturan pemerintah. Kamu dapat mendaftarkan diri di privat yang ada di kotamu. Bahkan, kamu juga bisa daftar menjadi murid di les privat kota besar seperti les privat Jakarta

Atur Waktu Belajar dan Istirahat

Pernahkah kamu mendengar istilah teknik pomodoro? Teknik pomodoro merupakan teknik yang digunakan untuk mengatur waktu belajar dan waktu istirahat.

Jadi, teknik ini akan memberikan kamu waktu untuk belajar yaitu selama 25 menit. Selama 25 menit tersebut, kamu harus fokus untuk belajar dan tidak terganggu oleh apapun. 

Setelah 25 menit berlalu, kamu dapat istirahat selama 5 menit. Cukup 5 menit saja. Lalu, aktifkan kembali alarm selama 25 menit dan belajar dengan fokus. 

Siklus tersebut dapat diulangi sebanyak empat kali, dan ketika sudah selesai empat ronde, maka kamu boleh untuk istirahat selama 15 hingga 20 menit. 

Tertarik untuk mencobanya? 

Nah itulah 8 tips belajar di rumah yang dapat kami bagikan untuk kamu. Jika kamu memiliki tips lainnya langsung saja bagikan di kolom komentar ya! 

Published inInformasi Umum