Skip to content

Hasil Survei Olahraga Terfavorit Di Indonesia Versi Nielsen Dan SSI 2021

Tahukah Anda mengapa baju bola begitu favorit di Indonesia? Karena umumya orang Indonesia berpendapat bahwa sepak bola merupakan olahraga terpopuler. Namun ternyata survei olahraga terfavorit Nielsen akhir tahun lalu tidak menunjukkan demikian.

Nielsen adalah lembaga survei independen yang telah menyajikan banyak data secara obyektif. Selain menyajikan data di bidang olahraga, Nielsen juga meneliti ekonomi, perdagangan online, dan sebagainya. Uniknya, hasil data Nielsen berbeda dengan SSI.

Versi Nielsen

Survei Olahraga Terfavorit

source: www.mlive.com

Menurut data survei yang dirilis Nielsen pada September 2020, bulu tangkis merupakan olahrga paling populer di Indonesia. Jika dicermati, hasil survei ini cukup logis. Mengingat bulu tangkis saat ini semakin digemari masyarakat luas. 

Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa dan orang tua sangat populer memainkan raket dan shuttlecock. Di kampung-kampung, kompleks, gang kecil, bahkan kadang menggunakan jalan raya sebagai lapangan.

Peringkat kedua olahraga paling populer di Indonesia adalah sepak bola. Hal ini ditandai dengan masih banyaknya supporter saat pertandingan berlangsung. Juga dengan banyaknya baju bola yang laku di pasaran.

Bicara soal baju bola, seolah tidak pernah sepi peminat. Mulai dari anak-anak hingga dewasa suka mengenakannya. Bahkan mayoritas orang tidak peduli kualitasnya, apakah ori, grade ori, atau kw. Hal terpenting bagi pendukung adalah corak bajunya.

Selain bulu tangkis dan sepak bola, olahraga apakah yang menjadi minat orang Indonesia? Banyaknya olahraga yang diminati masyarakat adalah peluang bisnis jersey custom semakin terbuka luas.

Berdasarkan hasil survei Nielsen, penggemar bulu tangkis di Indonesia mencapai 71% dari responden. Sedangkan penggemar sepak bola adalah 68%. Data ini disusul olahraga lainnya yang masuk 4 besar adalah:

1. Basket

Olahraga yang dimainkan dengan tim sejumlah 6 orang ini memiliki kesan presticious di mata kalangan muda. Umumnya orang menganggap pemain basket selalu memiliki postur tubuh tinggi, ganteng dan keren. Wajar jika peminatnya mencapai 48%.

Permainan basket populer melalui berbagai pertandingandi tingkat daerah dan nasional. Ada juga kejuaraan dunia FIBA untuk para penggemar basket dunia. Turnamen tingkat dunia ke 19 ini akan diselenggarakan di Jepang pada tahun 2023.

2. Tenis Meja

Selain basket, tenis lapangan menurut survei Nielsen cukup terkenal di Indonesia. Meskipun skala permainan ini belum sampai mewabah di kampung dan gang kecil, ternyata memiliki penggemar sebanyak 42% dari hasil survei.

Versi Skala Survei Indonesia

Sementara itu menurut Skala Survei Indonesia atau SSI, olahraga terfavorit di Indonesia adalah sepak bola. Dari sejumlah responden yang diminta mengisi survei, 92% diantaranya mengenal olahraga sepak bola dan 47% menyukainya.

1. Sepak Bola

Sepak bola hingga saat ini menjadi primadona olahraga tanah air. Tidak hanya sebagai ajang mengadu bakat dan kemampuan, tapi juga ikut menjaga nama baik tim asal masing-masing. Permainan sepak bola digemari anak-anak hingga orang tua.

Sepak bola menjadi semacam olah raga sejuta umat. Orang tua penggemar sepak bola suka membelikan baju bola untuk anaknya. Tidak hanya untuk anak lelaki, tapi juga perempuan. Apalagi sekarang ada club sepak bola wanita.

2. Bulu Tangkis

Menurut hasil survei versi SSI, popularitas bulu tangkis di Indonesia menempati urutan ke dua. Dengan peminat sebanyak 18,8%, jauh di bawah hasil penelirian Nielsen. Perbedaan in itentu karena metode dan skala yang dipakai berbeda.

Untuk mengetahui skala dan metode penelitian yang dipakai, Anda bisa membuka langsung detil laporan hasil penelitiannya. Popularitas bulu tangkis ini dapat membuka peluang bisnis jual beli jersey custom untuk para penggemarnya.

baca juga: Ingin Produktif? Ikuti Tips Belajar di Rumah Ini

3. Bola Voli

Pada peringkat ketiga dengan hasil survei sebanyak 12,4%, responden SSI memilih bola voli sebagai olahraga favorit. Belakangan memang popuparitas bola voli cenderung menurun, apalagi setelah terdampak pandemi.

Padahal sebelumnya, olahraga dengan tim berjumlah 6 orang ini selalu ramai dimainkan di perumahan atau perkampungan. Atlit terbanyak adalah para ibu dan pemuda. Ada juga sekolah yang membuka ekstrakurikuler bola voli. 

Selain sepak bola, bulu tangkis dan bola voli yang masuk sebagai nominasi olahraga terfavorit, masih ada renang dan senam di urutan berikutnya. Hasil survei SSI menunjukkan bahwa responden lebih suka senam daripada tenis.

Demikian ulasan singkat mengenai baju bola yang dipakai dalam berbagai olahraga terfavorit di Indonesia. Anda bisa memilih berbagai jenis jersey dengan berbagai kelas kualitas dan harga. Salam olahraga!

Published inInformasi Umum