Skip to content

Perbedaan Samsung Galaxy S 20 dan S21

Tidak lama setelah anggota terakhir dari seri Galaxy S20 diperkenalkan, rumor pertama tentang flagships Samsung baru, yang kemungkinan akan menjadi agenda untuk tahun 2021. Kami tahu sejauh itu tentang Samsung Galaxy S30 (S21).

Samsung mungkin melakukannya tanpa kamera dalam layar

Menurut rumor terbaru dari trendingnesia.com, Samsung tidak mau mengikuti tren kamera selfie tersembunyi di bawah layar dengan seri S30 atau dikenal juga dengan seri S21. Sebagai gantinya, seperti Samsung Galaxy S20 saat ini , lubang takik harus digunakan lagi, yang kemudian menampung kamera tunggal atau ganda. 

Pabrikan smartphone seperti ZTE dengan Axon 20 atau Xiaomi saat ini sedang mencoba membangun teknologi kamera baru, yang telah kita lihat dalam konsep smartphone dari OnePlus. 

Portal Korea “The Elec” melaporkan bahwa Samsung tidak ingin menggunakan teknologi menarik ini di flagships baru pada tahun 2021, yang memungkinkan tampilan tampil bebas dari gangguan apa pun. 

Menurut hal ini, perusahaan asal Korea Selatan tersebut seharusnya hanya menghadirkan kamera selfie tersembunyi ke pasar dengan Samsung Galaxy Z Fold 3 baru, membuat seri yang dapat dilipat itu semakin eksklusif. Para ahli berharap Galaxy Z Fold 3 akan disajikan pada paruh kedua tahun 2021.

Jika tidak, Samsung harus kembali menggunakan kamera 108 megapiksel untuk Galaxy S21. Takik dari Galaxy S20 Ultra dapat digunakan dalam model dasar S21. Namun, beredar rumor bahwa Samsung ingin membekali model premium seri S21 ini dengan kamera 250 megapiksel.

Selain itu, desain ulang lengkap akan dilakukan secara berkala, setelah dua tahun sangat sedikit yang terjadi pada desain smartphone Galaxy. Ponsel cerdas tanpa bingkai atau bahkan tepi yang lebih melengkung bisa menghampiri kami.

Samsung Galaxy S20 dalam pengujian: Nilai dalam dihitung

Saatnya lagi. Kami berada di waktu yang tepat tahun ketika Samsung melakukan pembersihan musim semi dan meningkatkan smartphone di seri S. Untuk lompatan dingin ke tahun 2020, pabrikan melewatkan sembilan bilangan bulat dan mendarat langsung dari S10 ke S20. 

Kami harus melakukannya tanpa S20e, yang menggantikan S10e lama, tahun ini (karena alasan strategi pasar). Samsung mengikuti Apple tahun ini dan menjadikan S20 dasarnya perangkat termurah di kisaran. S20 + dan S20 Ultra akan dihargai di atas S20. Di sini Anda dapat membaca ulasan lengkap saya tentang S20.

Samsung Galaxy S20: harga dan ketersediaan

S20e tidak lagi tersedia tahun ini, tetapi Samsung tetap setia pada ketiga model tersebut untuk jajaran produk andalan terbarunya. Dengan S20 normal kita dapat memilih antara penyimpanan 8 GB RAM / 128 GB atau penyimpanan 12 GB RAM / 128 GB. Seberapa mahal S20 tergantung pada apakah itu 4G atau 5G. Yang pertama berharga 899 euro, untuk smartphone 5G Anda membayar 999 euro.

Untuk warna, Anda dapat memilih antara Cosmic Grey, Cosmic Black, Cloud Blue, atau Cloud Pink. Versi Cloud Blue tersedia untuk pengujian saya. 

Di Eropa, kami beruntung karena versi 4G dan 5G dari smartphone ini tersedia dalam ketiga warna. Itu pasti bukti masa depan. Di sisi lain, Samsung (seperti semua perusahaan ponsel pintar lainnya juga) tahu betul bahwa perlu beberapa waktu sebelum tren 5G menyebar luas.

Perubahan terbesar dapat ditemukan di bawah kap mesin

Mungkin Samsung mengambil risiko dengan pengenalan Galaxy Fold yang bergelombang dan Galaxy Z Flip yang baru dirilis – tetapi dengan Galaxy S20 baru , pabrikan mengambil jalur yang jauh lebih konservatif. 

Hari-hari efek Twilight yang mencolok dan seri Note reflektif telah berakhir, sementara yang sederhana, dan jika saya jujur, eksekusi yang agak membosankan sekarang menjadi kenyataan. Tetapi jika Anda memutar S20 sekali, kamera menunjukkan bahwa seri S20 baru adalah segalanya – tetapi tentu saja tidak konservatif.

Samsung sekali lagi membuktikan bahwa penampilan tidak masalah. Karena meski dengan S20 baru, ada perangkat keras yang mengesankan di bawah eksterior yang hambar. 

Sensor sidik jari ultrasonik telah kembali di bawah layar, dan semua perangkat di seri tersebut bersertifikat IP68 sehingga terlindung dari air dan debu.

Saya sangat menghargai peralihan ke lubang pukulan tengah untuk kamera selfie. Saya menulis sebelumnya bahwa saya adalah penggemar kamera pop-up dan tampilan berkelanjutan yang menyertainya. Tetapi jika Anda memutuskan untuk membuat lubang di layar, maka saya pikir solusi ini adalah salah satu yang terbaik.

Baca juga: Apa Itu Konveksi Baju?

Masih tampilan terbaik di industri

Bagi semua orang yang sudah merasa betah di pasar smartphone, tentu tidak mengherankan jika kali ini Samsung kembali mengembangkan jajaran smartphone dengan tampilan yang menawan. 

Untuk S20 biasa (smartphone terkecil di seri), ini berarti layar Quad HD + Dynamic AMOLED 6,2 inci, yang dilengkapi dengan dukungan HDR10 +. Kaca layarnya adalah Gorilla Glass 6.

Samsung terus membuat tampilan terbaik dalam bisnis ponsel cerdas – dan itulah yang utama di sini. Refresh rate baru 120 Hz menyenangkan dan enak dipandang saat menggulir. Saya juga menyukai bagian tepi yang melengkung, yang ukurannya telah diperkecil secara besar-besaran dan yang menurut saya hanya dapat Anda sukai atau benci. 

Masih ada sedikit kelengkungan di bagian samping, tetapi tidak sedekat yang kita lihat dengan Samsung. Peningkatan besar yang membuat navigasi gerakan terasa jauh lebih alami.

Sayangnya, resolusi tertinggi WQHD + (3.200 x 1.440) tidak dapat digunakan bersamaan dengan kecepatan refresh tertinggi. Di sini Anda harus memutuskan, seperti dengan S20 Ultra. Jadi saya memilih FHD + (2.400 x 1.080) untuk mendukung 120 Hz. 

Dan saya sangat puas dengan kombinasi ini. Tapi saya akan senang jika Samsung memberi saya kesempatan untuk memaksimalkan resolusi dan kecepatan refresh secara bersamaan.

One UI 2.1 dan Android 10

Antusiasme saya terhadap antarmuka pengguna Samsung sendiri selalu terbatas. Namun, One UI 2.1 sejauh ini merupakan antarmuka terbaik yang diproduksi perusahaan hingga saat ini. Tentu saja, perangkat lunak Samsung selalu dapat disesuaikan. 

Tetapi sekarang opsi-opsi tersebut tampak sangat berguna dan mudah ditemukan, sehingga orang tidak lagi kewalahan oleh banyak opsi. Masih banyak bloatware bawaan Samsung, dan itu muncul di wajah Anda saat Anda menggunakan perangkat. Lagi pula: Layar mulai Bixby telah digantikan oleh Samsung Daily – tetapi sayangnya sama tidak berguna.

Tetapi jika Anda melewatkan login untuk akun Samsung, menghapus aplikasi duplikat, menonaktifkan aplikasi Facebook yang sudah diinstal sebelumnya dan tidak terhapus, serta mematikan Bixby, maka pengalaman pengguna yang menyenangkan muncul. 

Saya menggunakan aplikasi dan layanan Google secara ekstensif dan sebenarnya selalu membawa ponsel Pixel. Tetapi untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama, saya dapat membayangkan beralih ke S20 tanpa harus khawatir tentang stok Android saya. One UI telah berkembang pesat.

Pertanyaannya: Snapdragon atau Exynos

Berbeda dengan di AS yang mana Galaxy S20 dibekali dengan Snapdragon 865, smartphone di Eropa hadir dengan prosesor Exynos 990. Ini menghemat biaya Samsung per perangkat, karena Qualcomm tidak harus  membayar untuk  CDMA. 

Kedua chip diproduksi menggunakan proses 7 nm, tetapi diskusi muncul persis ketika membahas perbedaan kinerja antara kedua SoC. Chip Exynos 990 terpasang di perangkat pengujian saya.

Beberapa YouTuber teknologi  mengklaim bahwa model Snapdragon 25 persen lebih cepat dalam performa. 

Selain itu, model Exynos akan menjadi lebih panas dengan penggunaan intensif. Snapdragon 865 dikatakan lebih unggul dari Exynos 990 dalam hal kecepatan refresh untuk sesi game. Ini hanyalah opini dari jurnalis teknologi di luar sana. Untuk saya sendiri, saya hanya bisa menilai Exynos 990 yang saya uji.

Yang terpenting, saya ingin menekankan secara positif tampilan yang cepat dan lancar. Kecepatan refresh 120 Hz memastikan bahwa S20 terasa bergerigi dan cepat dalam penggunaan sehari-hari. 

Performa gamenya cukup bagus, tapi tidak semulus OnePlus 8 yang saya uji pada waktu bersamaan. Tapi saya curiga bahwa gamer ponsel hardcore akan membeli smartphone dengan layar yang lebih besar pula.

Saya juga berpikir bahwa kemungkinan menyimpan aplikasi secara permanen di RAM untuk awal yang lebih cepat adalah sukses. Di area menu untuk mengubah aplikasi, Anda sekarang dapat mengetuk simbol aplikasi untuk membuka daftar opsi dan secara permanen memasang aplikasi ke memori RAM. 

Dengan begitu, Anda dapat membiarkannya berjalan di latar belakang dan membukanya dengan cepat. Fungsi ideal untuk aplikasi seperti WhatsApp, yang Anda akses berulang kali sepanjang hari.

Kamera solid dengan zoom luar angkasa yang bergaya

Samsung sangat besar di sektor kamera tahun ini, dan bahkan jika S20 tidak memiliki bakat hebat dari S20 Ultra, si kecil masih bisa tampil dengan banyak kaca di punggungnya.

Dengan S20 Anda mendapatkan pengaturan tiga kamera. Ini terdiri dari sudut ultra lebar 12 megapiksel, sudut lebar 12 megapiksel, dan lensa telefoto 64 megapiksel. Namun, jika Anda memilih S20 + dari seri S20, Anda juga akan menerima sensor waktu penerbangan (disebut DepthVision oleh Samsung).

Kamera-kamera Samsung Galaxy S20

Memang, perangkat keras kameranya sangat mengesankan. Agar Anda dapat mengambil gambar berkualitas tinggi dengan ponsel cerdas, Anda memerlukan perangkat lunak kelas satu. Samsung telah memperluas seri S20-nya dengan fungsi foto baru untuk tujuan ini. 

Sistem zoom hybrid variabel tak terbatas baru dengan dukungan AI menonjol di sini. Fitur baru ini memberikan Anda hingga 3x optical hybrid zoom dan digital zoom (hingga 30x). Samsung mengemas kedua jenis zoom ini bersama-sama dan menyebutnya sebagai zoom ruang.

Bagaimanapun, selama saya menggunakan S20, zoom ruang bekerja dengan cukup baik. Biasanya, bahkan pada zoom 10x, akan sulit untuk menyejajarkan bidikan di jendela bidik. 

Namun dengan seri S20, gerakan tangan yang kecil pun langsung dikoreksi oleh software AI, sehingga hasilnya oke. Gambar dengan zoom 30x, bagaimanapun, pada dasarnya tidak dapat digunakan. Berikut contohnya:

Secara keseluruhan, performa kamera pada S20 sangat bagus. Perangkat ini sering kali sedikit melebih-lebihkan dalam hal saturasi warna, tetapi beberapa orang menyukainya dan pengenalan pemandangan Samsung lebih baik dari sebelumnya.

Tapi saya ingin memberi komentar singkat tentang rekaman video 8K. Bagaimanapun, itu disebut-sebut sebagai fitur utama kamera saat diluncurkan. Rekaman 8K juga berfungsi, tentu saja, tetapi jika Anda tidak memiliki televisi atau monitor 8K, Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk melihat materi.

Masa pakai baterai satu setengah hari

Baterai S20 dibekali sel berkapasitas 4.000 mAh dan mendukung fast charging hingga 45 watt. Samsung memasang charger cepat 45 watt di dalam kotaknya. Meskipun” sel 4.000 mAh, S20 dapat mencapai masa pakai baterai yang dapat diterima. 

Area ini telah menderita pada Note 10 dibandingkan dengan Note 10+ , jadi senang melihat bahwa ini tidak terjadi pada S20. Mungkin karena alasan ini sangat dibenarkan bahwa baik kecepatan refresh atau resolusinya terbatas.

Saya dapat dengan mudah menggunakan smartphone selama satu setengah hari selama penguncian tanpa harus mengisi daya. Itu terhubung ke Wi-Fi hampir sepanjang waktu. Saya dapat membayangkan dengan baik bahwa masa pakai baterai akan berkurang lebih cepat saat Anda dapat bergerak lebih bebas lagi. 

Tetapi bahkan di sini saya cukup yakin bahwa baterainya akan bertahan setidaknya sehari. Jika Anda membutuhkan lebih banyak jus, Anda selalu dapat menurunkannya ke 60 Hz. Dengan pengisi daya 25 W yang disertakan, S20 dapat diisi dengan sangat cepat. Ini mungkin tidak mendekati OnePlus WarpCharge, tetapi masih cukup cepat.

Published inInfo