Skip to content

Kelebihan dan Kekurangan Promosi Online, Pelaku Usaha Wajib Tahu

Promosi online kini marak digunakan oleh sebagian besar pelaku usaha. Promosi online ini memiliki peran yang sangat vital dalam memperkenalkan sekaligus mempromosikan suatu produk, jasa, atau brand kepada para calon konsumen. Seringnya, promosi online ini dijadikan sebagai bagian dari strategi marketing sebuah bisnis. Hanya saja promosi ini berbasis digital dan dapat dijalankan secara online. Meski terbukti efektif, promosi online tetap saja memiliki kekurangan. Nah, sebelum kami bagikan kelebihan dan kekurangan promosi online, yuk kita simak terlebih dahulu kelebihan promosi online itu sendiri. 

Kelebihan dan Kekurangan Promosi Online

Kelebihan dan Kekurangan Promosi Online
source: www.stopthebreaks.com

Kelebihan Promosi Online

Dilansir dari situs jurnal.id, ada beberapa kelebihan promosi online yang umumnya dirasakan oleh sebagian besar pelaku usaha. Kelebihan-kelebihan ini rupanya tak hanya dirasakan oleh si pelaku usaha saja, melainkan juga para konsumen. Apa saja kira-kira kelebihannya? 

Promosi Cepat, Mudah, Praktis, dan Efektif

Dengan dukungan kemajuan teknologi internet sekarang ini, memperkenalkan sekaligus mempromosikan suatu produk, jasa, atau brand akan jauh lebih mudah, cepat, praktis, dan yang pasti efektif. Cukup dengan memanfaatkan akun-akun media sosial yang Anda miliki saja, promosi online dapat segera diaplikasikan. Ada beberapa jenis media sosial yang sering dimanfaatkan sebagai media promosi berbasis online. Namun ada 2 yang terbaik, yaitlu Instagram dan Facebook. Masing-masing memiliki fitur dan tools pendukung bisnis berbasis online. 

Khusus media sosial Instagram, selain fitur dan tools yang bisa Anda andalkan untuk kebutuhan promosi online, Anda juga bisa manfaatkan jumlah followers di akun Instagram Anda sebagai ‘stimulus’ untuk meramaikan lapak online Anda. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menaikan jumlah followers agar para pengguna akun Instagram lain tertarik dan percaya dengan kualitas produk, jasa, atau brand yang Anda promosikan via postingan-postingan di akun Instagram Anda, misal produk standing pouch

Nah, ada cara mudah dan instan untuk naikan jumlah followers Instagram Anda. Tak lain tak bukan adalah dengan menggunakan jasa buy followers yang kini marak eksis di dunia bisnis online. Dengan cara ini, jumlah followers Anda akan meningkat tajam sehingga akun Instagram bisnis Anda akan tampak jauh lebih kredibel dan terpercaya. 

Jangkauan Pangsa Pasar Luas

Dunia maya memang tidak ada batasnya jika dikaitkan dengan area jangkauan. Anda bisa manfaatkan kelebihan ini untuk promosi online bisnis Anda. Apalagi jarak di sini bukan masalah berarti untuk jenis bisnis semacam ini. Kapan pun di mana pun, calon konsumen Anda bisa berbelanja dengan menggunakan smartphone mereka. Anda pun bisa melayaninya kapan pun Anda mau. 

Soal jangkauan, bisnis yang Anda rintis dapat menjangkau pangsa pasar nasional dan internasional. Momentum ini tentu akan menjadi kesempatan yang sangat berharga untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk, jasa, atau brand Anda ke publik global. 

Biaya Promosi Online Relatif Kecil

Kelebihan dari promosi online yang paling diunggulkan adalah biaya promosi yang relatif kecil. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian kuota atau untuk membayar tagihan wifi saja. Bahkan Anda bisa jalankan bisnis online Anda tanpa modal loh. Misal dengan menjadi seorang reseller atau dropshipper. 

Reseller di sini adalah pelaku bisnis online yang mana seseorang akan menjual kembali suatu produk. Seringnya opsi menjadi reseller ini sangat tepat terutama bagi Anda yang ingin berbisnis namun tidak memiliki modal yang cukup. Anda hanya perlu menyetok produk yang akan dijual lalu menjualnya kembali ke para konsumen dengan harga yang lebih tinggi. Untuk pendapatan, seorang reseller akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang ia tetapkan dengan harga asli produk yang ditentukan oleh pemilik bisnis atau agen. 

Sementara itu, seorang dropshipper jauh lebih mudah lagi dalam jalankan bisnis online. Ia tidak perlu menyetok produk yang akan dijual. Ia juga tak perlu mengirimkan produk yang telah terjual. Seorang dropshipper hanya perlu mempromosikan sekaligus memasarkan produk saja. Untuk pengiriman produk akan dilakukan oleh agen. 

Waktu yang Fleksibel

Sama seperti aktivitas dunia maya pada umumnya, waktu promosi online juga bersifat fleksibel. Anda dapat mempromosikan produk atau jasa kapan saja Anda mau. Waktu promosi di sini disesuaikan dengan waktu luang Anda.

Baca juga: Mengenali Spesifikasi HP yang Penting Sebelum Membeli

Kekurangan Promosi Online

Selain beberapa kelebihan di atas, promosi online juga memiliki kekurangan. Berikut list kekurangannya:

Tidak Terjangkau oleh Calon Konsumen yang Suka Belanja Offline

Meski belanja online kini menjadi trend, masih ada cukup banyak orang yang masih setia berbelanja secara manual atau offline. Tipe konsumen semacam ini biasanya sangat teliti dengan kualitas produk yang akan dibeli. Mereka juga akan merasa lebih puas ketika melihat produk atau barang secara langsung di store. 

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa ada celah yang dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk melancarkan aksi kejahatan. Kejahatan semacam ini membuat cukup banyak orang lebih menyukai transaksi jual-beli secara langsung, bukan jual-beli online.

Cukup Banyak Calon Konsumen yang Gagap Memakai Internet

Tak bisa dipungkiri juga bahwa masih banyak orang yang gagap memakai internet. Ini akan menjadi berita buruk bagi pelaku bisnis online karena sama saja mereka kehilangan calon konsumen mereka. Biasanya tipe konsumen semacam ini adalah mereka yang berasal dari generasi yang jauh lebih senior dari generasi milenial. Misal, generasi kelahiran tahun 70-an dan 60-an. 

Minim Interaksi Langsung dengan Konsumen

Promosi online memungkinkan Anda memiliki interaksi minim secara langsung dengan konsumen. Alasannya adalah karena segala jenis interaksi dilakukan secara online via Smartphone atau perangkat mobile lain. Apalagi untuk urusan jual-beli produk. Promosi online dinilai cukup menghambat pembangunan hubungan dengan para konsumen. Padahal hubungan ini memiliki peranan yang sangat penting untuk rate penjualan.

Itulah mengapa perlu adanya cara-cara cerdas untuk mengatasi permasalahan ini. Misal, meski jual-beli dijalankan secara online, bagaimanapun Anda harus bisa menjalin relasi atau hubungan dengan para konsumen. Jika hubungan sudah terjalin dengan baik, ada kemungkinan besar konsumen akan repeat order. Atau bisa saja konsumen tersebut akan merekomendasikan produk Anda ke sesama konsumen lain.

Rawan Kesalahan Teknis 

Satu lagi kekurangan promosi online untuk ide bisnis online ini, yaitu rawannya kesalahan teknis. Meski terbilang sangat maju, teknologi mutakhir seperti internet tetap saja ada kemungkinan error. Itulah mengapa Anda tidak boleh percaya begitu saja dengan produk teknologi, termasuk teknologi internet. 

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, promosi via online ini memang terbilang sangat efektif; terlebih untuk mendongkrak rate penjualan Anda. Siapa yang sudah pernah mengaplikasikan marketing digital ini? Ada yang ingin berbagi pengalamannya? Yuk tulis jawabannya di kolom komentar. 

Demikian informasi penting seputar kelebihan dan kekurangan promosi online. Semoga informasi bermanfaat bagi Anda para pembaca. Jika Anda memiliki informasi lain terkait dengan topik ini, jangan ragu untuk berbagi informasi via kolom komentar. 

Published inBisnis