Skip to content

Fungsi Kartu Prabayar dan Kartu Debit

Fungsi kartu prabayar dan kartu debit sama-sama diterima secara luas sebagai alat pembayaran di kalangan pebisnis di seluruh dunia. Perbedaan utama keduanya adalah kartu debit ditautkan ke sebuah rekening , sedangkan kartu prabayar tidak sehingga mengharuskan Anda untuk menambahkan uang ke kartu.

Memang kartu bisa saja membuat Anda berhutang, tetapi terlepas dari kekurangan ini, kartu prabayar dan kartu debit dapat membantu Anda mengelola uang dengan cara yang berbeda.

Jika Anda sedang mempertimbangkan jenis kartu yang akan digunakan, cari tahu terlebih dahulu  cara kerja setiap kartu, potongan administrasi dan lain sebagainya. Untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat, berikut adalah rincian tentang fungsi kartu prabayar dan kartu debit.

Pengertian dan Fungsi Kartu Prabayar

Seperti gift card dan kartu diskon apapun, Anda juga harus mengisi saldo pada kartu prabayar sebelum menggunakannya. Satu hal yang pasti, semua pasti memiliki fungsi seperti kartu prabayar, yaitu untuk berbelanja.

Anda dapat menggunakan kartu prabayar untuk melakukan pembelian dan membayar tagihan.. Kartu prabayar diterima hampir di semua tempat karena kartu tersebut sering kali didukung oleh penyedia kartu seperti Mastercard atau American Express.

Kekurangan kartu prabayar adalah Anda hanya dapat melakukan transaksi sebanyak uangdi dalam kartu tersebut. Jika Anda menyimpan $100 ke kartu debit prabayar Anda itu, maka Anda hanya dapat membelanjakan sebanyak  $100 itu. Jika Anda membelanjakan lebih dari itu, secara otomastis akan ditolak sampai Anda menambahkan dana lagi ke kartu Anda.

Meskipun demikian, ada baiknya Anda  menggunakan kartu prabayar daripada kartu debit atau kredit jika Anda ingin memangkas pengeluaran Anda. Membatasi cara belanja dengan memiliki kartu prabayar adalah cara terbaik bagi Anda menjaga pengeluaran Anda.

Dan jika Anda adalah orang tua yang ingin mengajari anak cara mengelola uang, kartu prabayar bisa menjadi piihan yang sangat tepat. Sebab salah satu fungsi kartu prabayar adalah mengontrol pengeluaran.

Baca juga: Apa Itu Konveksi Baju?

Seperti kebanyakan pengelola keuangan lainnya, kartu prabayar membebankan biaya seperti : biaya pembukaan kartu, biaya administrasi bulanan, biaya ATM, biaya isi ulang dan biaya transaksi luar negeri. Misalnya, Paypal Prepaid Mastercard menagih Anda $ 4,95 per bulan jika ingin menggunakan kartu tersebut.

Satu ciri khas Paypal, saldo dalam paypal tidak harus berasal dari rekening bank kita saja. Akan tetapi kita bisa beli Paypal murah di agen terdekat atau dengan mengunjungi situs yang bekerja sama dengan Paypal.

Namun,  Anda juga dapat menggunakan kartu prabayar yang memiliki biaya yang sedikit saja seperti Bluebird by American Express. Kartu prabayar ini tidak mengenakan biaya bulanan kepada penggunanya dan juga pengguna tidak akan dikenakan biaya apapun pada saat mendaftar.


Apa itu Kartu Debit

Sama seperti fungsi yang dimiliki kartu prabayar, maka kartu debit juga digunakn unutk berbelanja dan melalukan aktofotas ekonomi lainnya. Bedanya, kartu yang ditautkan ke rekening giro, dan memberikan akses cepat dan mudah kepada Anda. Anda dapat menggunakan kartu debit untuk melakukan berbagai pembayaran dan pembelian, membayar tagihan, dan menarik uang tunai dari ATM, bank, dll.

Cara kerja kartu debit mirip dengan uang tunai, di mana Anda  tidak dapat membelanjakan lebih banyak uang daripada yang Anda miliki di akun Anda. Ketika Anda melakukan transaksi dengan kartu debit, uang itu secara otomatis dipotong dari rekening Anda. Jadi, pembelian $50 akan mengurangi saldo rekening koran Anda sebesar $50.

Apa pun kartu debit yang Anda miliki, Anda dapat mengetahui jumlah uang yang Anda setorkan atau tarik setiap bulan. Anda juga dapat mengetahui laporan bulanan Anda. Kartu debit memberi manfaat besar bagi Anda yaitu Anda bisa mengontrol keuangan Anda.

Kartu debit sendiri biasanya tidak memiliki biaya, tetapi rekening yang ditautkan ke kartu debit inilah yang akan dikenakan berbagai biaya. Biaya-biaya itu antara lain: biaya pemeliharaan rekening bulanan (jika persyaratan saldo minimum tidak terpenuhi), biaya ATM, biaya transaksi luar negeri, dll.

Jika Anda menginginkan sebuah akses tanpa biaya, cobalah unutk menggunakan rekening giro seperti Capital One 360. Rekening giro ini tidak mengenakan biaya apapun kepada penggunanya.

Kebanyakan kartu debit hanya memiliki fungsi dasar untuk membayar dan menaarik uang saja. Tidak ada promosi atau program seperti pada  kartu kredit.

Fungsi Kartu Prabayar atau Debit, Tergantung Kebutuhan Anda

Kartu prabayar dan kartu debit sama-sama dapat digunakan untuk melakukan pembelian, tetapi pilihan terbaik untuk Anda tergantung pada apa yang ingin Anda keluarkan dari kartu.

Kartu prabayar bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda tidak memiliki rekening bank.  Orang tua yang ingin memberi anak-anak mereka sejumlah uang dalam bentuk kartu juga dapat memilih kartu prabayar.

Kartu debit bisa menjadi pilihan yang baik bagi siapa saja yang memiliki rekening tabungan karena memberikan akses mudah ke uang Anda tanpa perlu melakukan top up atau isi ulang.

Namun, jika tujuan Anda adalah memiliki kartu hutang, kedua kartu ini bukanlah pilihan yang tepat. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membuka kartu kredit yang dapat membantu Anda membangun ekonomi.

Demikian kami sudah paparkan tentang fungsi kartu prabayar dan kartu debit, beserta penjelasannnya secara singkat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Published inBisnisInfo