Skip to content

Memahami Fungsi Geosintetik dalam Pembangunan

Geosintetik dalam proses pembangunan tentu saja bukan menjadi material yang asing lagi. Material ini banyak digunakan karena fungsi dan jenisnya yang beraneka ragam. Apa saja itu?

Memahami Fungsi Geosintetik dalam Pembangunan

Sebagai Penahan Longsoran

Geosintetik sudah banyak dikenal sebagai material yang kuat. Salah satunya adalah untuk mencegah longsor. Material ini sebagai penahan longsoran yang cukup efektif.

Bagaimana penjelasannya?

  1. Geosintetik menjadi separator atau pemisah. Di sini, material ini akan berfungsi untuk mengurangi terjadinya percampuran agregat pilihan dengan susunan asli tanah lunak.
  2. Geotextile bisa berguna untuk perkuatan tanah dasar yang gembur. Di  mana material geosintetik atau material geotextile ini memiliki kakuatan dan keahlian tarik yang melawan pergerakan tanah, baik untuk mengembang ataupun menyusut.
  3. Geosintetik atau geotextile juga bisa menjadi penguatan lereng jalan sementara atau permanen.
  4. Geomembrane, di sini material ini bisa menjadi penguatan pada bahu jalan. Pada bagian ini berfungsi untuk menghindari perubahan kandungan air pada tanah basic karna geomembran mempunyai sifat kedap air. 

Selain itu, material jenis ini tahan terhadap pelapukan pada zat kimia tanah, dan organisme pembusukan dalam tanah. Di sisi lain, juga mempunyai ketahanan pada keahlian tarik di tanah yang mudah longsor, ketahanan pada sobek, dan ketahanan coblos yang tinggi.

  1. Geotextile non woven atau tidak ada tenunan yang terbuat dari serat polyprophylene lewat system needle punched ini cocok untuk apliaksi pada tanah basic. Tanah ini biasanya banyak mengandung sisa-sisa tanaman karena mempunyai ketahanan coblos yang lebih tinggi dibanding dengan bahan yg berbeda. 

Di luar itu geotextile non woven memiliki sifat hidrolik propertis yang bisa menjadi tambah bagus. Sehingga bisa juga berfungsi sebagai filter yang hanya melarutkan air tanpa membawa agregat tanah.

Baca juga: Pemakaman Eksklusif San Diego Hills

Fungsi Geosintetik pada Timbunan Tanah

Jenis geosintetik yang kuat dan kokoh menjadikannya sebagai material untuk timbunan tanah. Timbunan tanah ini biasanya menjadi perkuatan sebelum dibangun jalan atau bangunan lain di atasnya.

Beberapa fungsi dari geotextile dalam timbunan tanah lunak adalah sebagai berikut:

  1. Untuk penguatan tanah lunak.
  2. Untuk konstruksi teknik sipil yang mempunyai umur konstrukri cukup lama dan mendukung beban yang besar seperti jalan rel dan dinding penahan tanah.
  3. Untuk media lapangan pemisah, penyaring, drainase dan jadi susunan pelindung.

Biasanya jenis geosintetik jenis ini bisa difungsikan sebagai penguatan timbunan tanah pada kendala tertentu, misalnya pada timbunan tanah di atas tanah lunak, timbunan di atas pondasi tiang. Selain itu juga pada timbunan di atas tanah yg rawan subsidence.

Pada dasarnya, timbunan di atas tanah lunak merupakan masalah daya dukung. Pertimbangan lain adalah jika stabilitas timbunan kritis pada akhir konstruksi. Hal seperti ini terjadi karena permeabilitas tanah lempung lunak yang tidak benar-benar solid. 

Mungkin saja pengaliran dan konsolidasi ketika konstruksi yang membuatnya demikian.  Pada akhir konstruksi, beban telah diterapkan, tetapi tida ada penambahan kuat geser tanah karna konsolidasi.

Setelah konsolidasi berjalan, menambahkan kuat geser pada umumnya hanya singkirkan utamanya penguatan geotextile untuk menambah stabilitas. Untuk mendapatkan penambahan kuat geser, tinggi timbunan harus sekian sampai pada awal konstruksi. 

Hal ini bisa mengakibatkan tegangan vertikal yang lewat tegangan pra-konsolidasinya. Dan membuat tanah makin gembur.

Jadi peranan geotextile di sini adalah untuk melindungi stabilitas sampai tanah lunak terkonsolidasi (kuat geser jadi bertambah berarti) sampai dapat memikul beban timbunan itu.

Keuntungan yang dapat diambil dari penggunaan geotextile penguatan tanah lunak adalah seagai konstruksi sederhana yang mudah untuk dijalankan, menghemat biaya sistem, menghemat biaya konstruksi. 

Dengan berbagai kelebihan di dalamnya, material ini memang cocok untuk penahan longsoran dan penimbunan tanah bukan?

Published inInformasi Umum